Membuat Alien Registration Card (외국인등록증)   Skip to main content

Snack Anak Diatas 6 Bulan (Muffin Apel)

Hai .. Hai Kali ini aku mau kasih ide snack anak diatas 6 bulan, gampang banget bikinnya cukup perlu 5 bahan saja. Nama snacknya Muffin Apel, dijamin sehat dan bergizi. Bahan : 1. Apel (50 Gram) 2. Outmeal (30 Gram) 3. Telur (1 Butir) 4. Cranberry / Blueberry 5. Selai Kacang Cara Membuat : Tuang 50 Gram Apel Kedalam Wadah Tuang Juga 30 Gram Outmeal Masukkan 1 Butir Telur Blender Semua Bahan Yang Sudah Dimasukkan Siapkan 2 Cetakan Cupcake  Masukkan Adonan Yang Sudah Di Blender Tabur Secukupnya Cranberry / Blueberry  Kedua anakku suka sekali dengan Muffin Apel ini. Rasanya enak, bertekstur empuk dan lembut. Selamat Mencoba ^^ 👇🏻👇🏻👇🏻 Selai Kacang Aku Pakai Ini, Terbuat darı Kacang Panggang Organik. Dan Dibuat Secara Alami Tanpa Bahan Pengawet. Jadi Aman di Konsumsi Anak.  SELAI KACANG BELI DISINI 🛒🛒🛒 Dry Cranberry yang Aku Pakai Rasanya Manis Dan Asamnya Alami. Jadi Pas Banget Dibuat Topping Muffin Apelnya. Aku Gatau Ya Kalau Pakai Cranberry Merk Lain. Rasanya Bakal Sama Apa Engg

Membuat Alien Registration Card (외국인등록증)

Annyeong ...

Kali ini aku mau share informasi penting untuk kalian yang akan menikah atau telah menikah dengan orang Korea dan berencana untuk tinggal di Korea. Tepat di tanggal 16 april kemarin, aku ditemani suami pergi ke 출입국 종합 민원센터 (Pusat Urusan Umum Imigrasi) untuk membuat Alien Registration Card (외국인등록증)


Sebelum datang ke 출입국 종합 민원센터 (Pusat Urusan Umum Imigrasi), jauh-jauh hari aku sudah membuat Reservasi. Semua tentang Alien Card dan Cara Reservasi sudah aku jelaskan di artikel aku sebelumnya di #part1 dan #part2 , jadi jika kalian masih belum baca, silahkan baca terlebih dahulu ya, karena aku tulis prosesnya berurutan dari #part1 #part2 sampai dengan sekarang.


Seperti yang aku sudah katakan berkali-kali, untuk membuat Alien Card diperlukan beberapa dokumen yang harus disiapkan yaitu :

1. Passport dan Foto Copy Passpor

Foto Copy lembar bagian depan / identitas dan lembar bagian Visa F6


2. 통합신청서 (신고서) dan Foto


통합신청서 (신고서) adalah Application Form (Report Form). Dokumen ini suami aku yang print sendiri dari website hikorea. Tapi apabila tidak ada waktu untuk print sendiri, kalian tidak perlu melakukan itu, karena di 출입국 종합 민원센터 (Pusat Urusan Umum Imigrasi) disediakan. Pada Application Form diperlukan foto yang harus ditempel, jadi siapkan saja satu lembar foto berukuran 3x4.

3. 결핵 (검진 . 치료경과) 확인서


결핵 (검진 . 치료경과) 확인서 adalah Surat Konfirmasi Pemeriksaan Tuberkulosis. Cara mendapatkan surat ini sudah aku jelaskan di blog aku sebelumnya di #part2. Jadi inilah sebabnya kalian harus baca berurutan supaya semuanya jelas. Karena jika aku tuliskan di satu blog, bisa banyak banget . Hehhe

4. 혼인관계증명서 (상세)


혼인관계증명서 (상세) adalah Surat Nikah. Kalau ini kalian yang sudah menikah dengan Orang Korea sudah pasti punya dokumen tersebut.

5. 가족 관계 증명서 (상세)


가족 관계 증명서 (상세) adalah Sertifikat Hubungan Keluarga atau kalau di Indonesia namanya Akta Keluarga. Kalian yang sudah menikah dengan Orang Korea jelas tidak asing dengan dokumen ini.

6. 주민등록표 / 주민등록등본


주민등록표 / 주민등록등본 adalah Kartu Registrasi Penduduk. Dokumen ini yang mencari suami aku, jadi aku sendiri kurang tahu bagaimana cara membuat dokumen ini, tapi yang jelas suami pergi ke kantor 구청 (tempat kita daftar nikah dulu).

7. 조기적응프로그램 이수증 (Apabila Tidak Ada Tidak Masalah)


조기적응프로그램 이수증  adalah Sertifikasi Program Adaptasi Awal yang aku dapat dari program yang aku ikuti beberapa hari yang lalu, penjelasan tentang program ini dan cara mengikuti program tersebut ada di artikel aku sebelumnya di #part1. Apabila tidak mengikuti dan tidak menyertakan sertifikat program tersebut, tetap bisa membuat Alien Card, hanya saja bedanya Alien Card berlaku selama 1 Tahun.

8.   방문 예약 접수증


방문 예약 접수증 adalah Appointment Receipt. Ini suami aku print sendiri dan aku bawa hanya sebagai tambahan saja atau sebagai bukti jika aku sudah reservasi. Kalau kalian masih belum reservasi jelas tidak perlu membawa surat ini.



Nah dokumen yang diperlukan untuk membuat  Alien Registration Card (외국인등록증) hanya itu saja, karena semuanya sudah lengkap, aku langsung pergi ke 출입국 종합 민원센터 (Pusat Urusan Umum Imigrasi sesuai dengan tanggal reservasi kita. 



Beginilah suasana 출입국 종합 민원센터 (Pusat Urusan Umum Imigrasi) di Busan ketika aku datang. Hanya ada sedikit orang, tidak seperti yang aku bayangkan. Tapi mungkin kebetulan saja situasi seperti ini. Karena ketika aku ikut 조기적응프로그램 (Jogijogeng Program) ada orang yang bilang akan ada banyak orang yang datang di 출입국 종합 민원센터 (Pusat Urusan Umum Imigrasi), jadi mereka menyarankan untuk membuat reservasi terlebih dahulu.


Tadi aku bilang di Kantor Imigrasi disediakan 통합신청서 (신고서) / Application Form (Report Form). Dan disitulah tempatnya, kalian bisa ambil gratis dan mengisi form disitu.


Setelah jam 9 sesuai dengan jam reservasi kita, kita dipanggil dan datang ke counter bersama dan menyerahkan semua dokumen yang sudah kita siapkan. Setelah itu kita diarahkan untuk membeli prangko / stamp dan membayar biaya pembuatan Alien Registration Card (외국인등록증).



Disinilah suami aku membeli perangko atau stamp, biaya adalah 30.000 won apabila Alien Card akan diambil lagi ke Pusat Urusan Umum Imigrasi dan 33.000 won apabila Alien Card dikirim melalui pos ke rumah kita. Jadi biaya kirim 3.000 won, kalau aku sendiri lebih memilih membayar lebih, dari pada kehilangan tenaga dan biaya untuk datang di Pusat Urusan Umum Imigrasi lagi.


Setelah kita membeli perangko / stamp, kita harus membayar lagi biaya pembuatan Alien Card di Woori Bank yang ada juga di dalam Kantor Pusat Urusan Umum Imigrasi sebesar 30.000 won. Jadi total semua biaya yang harus kita keluarkan untuk membuat Alien Card adalah 63.000 won. Setelah semua proses pembayaran selesai kita kembali ke counter menyerahkan bukti pembayaran dari Woori Bank. Jadi hanya seperti itu saja prosesnya dan kita bisa pulang. 


Dan akhirnya tepat di tanggal 24 april, Alien Card aku sampai di rumah. Aku membuat tanggal 16 april, itu artinya untuk membuat Alien Card memerlukan waktu hanya satu minggu. Awalnya petugas imigrasi mengatakan proses pembuatan Alien Card selama 2 minggu, tapi pada kenyataan tidak sampai 2 minggu.


Setelah aku buka amplopnya, beginilah tampak depan Alien Registration Card (외국인등록증). Disitu tertera nomer pendaftaran alien card, nama, kewarganegaraan, dan jenis visa.


Dan ini tampak bagian belakang Alien Registration Card (외국인등록증). Pada bagian belakang tertera nomer Alien Card, masa berlaku Alien Card dan alamat rumah aku. Pada masa berlaku Alien Card aku tertera 2019.04.17 sampai 2021.03.04. Itu artinya benar yang aku jelaskan mengenai 조기적응프로그램 (Jogijogeng Program) yaa ? Hehe

Jadi dengan mengikuti 조기적응프로그램 (Jogijogeng Program) masa berlaku Alien Card menjadi lebih lama yaitu 2 Tahun. Apabila tidak mengikuti program tersebut, masa berlaku hanya 1 Tahun saja. Bagaimana cara mengikuti program tersebut sudah aku jelaskan di blog aku sebelumnya.


*Jadi baca juga :


 ~ See You ~



Comments

  1. Serius namanya alien registration card kaa?

    ReplyDelete
  2. kak mau tanya dong itu ARC nya kan bikin di korea .
    itu bisa ngak di kirimnya ke indonesia?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya ARC tidak bisa kirim sih, orang yang buat ARC harus ambil langsung juga.

      Delete
  3. halo kak, mau tanya,
    ada syarat waktu stay di korea sebelum bisa membuat ARC ngga ya kak ?

    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syarat Stay di Korea Untuk Wisatawan, Harus Ada Visa Wisata dan Visa Wisata Hanya Bisa Tinggal Terbatas. Kalau Untuk Yang Menikah Dengan Orang Korea dan Mau Tinggal di Korea Lama, Syaratnya Harus ada Visa F6.

      Delete
  4. Hello ... mau tanya, gimana interview waktu apply visa f6 ? Mereka ada banyak tanya ya?? Susah ya??

    ReplyDelete
  5. Terima kasih bgt buat artikelnya ❤. Ngebantu bgt saya yg lg bikin visa f6 dan langkah2 selanjutnya harus gmn.

    ReplyDelete
  6. TQ UTK infonya KA..bermanfaat sekali.
    Saya mau tanya kalau syarat TOPIK itu apakah THN diterbitkan TOPIK yg terbaru?
    Sy punya tahun dulu (wkt 2018)

    Tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau Mengenai Itu Saya Kurang Tau Ya Ka , Sebenarnya Sertifikat TOPIK hanya untuk membuktikan seberapa kita bisa bahasa korea. Untuk kesiapan tinggal dikorea. Agar nantinya Tidak ada keterbatasan komunikasi dengan suami dan keluarga pasangan. Jadi Kalau Saran Saya, tidak ada salahnya jika kaka ikut TES TOPIK lagi.

      Delete
  7. Cara cek 외국인등록증 masih aktif atau nggak gimana ya kak.apa bisa cek online atau harus ke kantor.soalnya kalo di kartunya masih aktif tapi aku udh pulang fi indo

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Post

Menikah Dengan Orang Korea, Berikut Proses dan Dokumen yang Diperlukan

안녕하세요 Kali ini aku mau share prosesku menikah dengan suami aku (Orang Korea). Aku share berdasarkan pengalaman aku sendiri, walaupun ada kekeliruan proses, tapi bersyukur banget sekarang sudah selesai. Pertama aku hanya ikut suami yang bicara hanya perlu Surat Keterangan Belum Menikah, Kartu Keluarga (Asli) dan Akta Kelahiran (Asli) untuk menikah di Korea. Jadi aku hanya menyiapkan 3 dokumen itu untuk aku bawa ke Korea. Setelah 5 hari di Korea aku dan suami pergi ke Guchong, kalau menurut aku itu semacam Kantor Catatan Sipilnya Korea, untuk Lapor Menikah.  Ini dia 구청 (Guchong) di Busan, Dokumen yang aku bawa seperti yang udah aku sebutin diatas, Kartu Keluarga (ASLI), Akta Kelahiran (ASLI), dan Surat Keterangan Belum Menikah (ASLI), sedangkan untuk suami cukup bawa Identitas Card Nasional. Setelah masuk ke dalam, masuk lurus saja tidak perlu naik eskalator, karena pelayanan pernikahan ada di lantai 1, langsung datang ke meja yang bertuliskan 가족 등록신고 서 (Fo

Preloved_babyku_id Akun Penipu

Hallo, aku mau share pengalaman tidak menyenangkanku tertipu onlineshop @preloved_babyku_id. Seumur hidup baru kali ini aku kena tipu onlineshop.  Awalnya memang aku sedikit curiga dengan onlineshop di Instagram yang namanya @preloved_babyku_id , karna memang harganya cukup murah dengan foto barang-barang preloved yang masih bagus dan bermerk. Selain itu, aku heran barang yang udah lama diupload tapi kok masih ready aja, padahal kalau dilihat ada yang comment dan seperti nya berminat beli, aneh sih. Tapi aku gamau negatif thinking karna disitu ada bukti transfer dan followers juga banyak, jadi aku coba buat percaya aja.  Akhirnya akupun beli car seat dan bouncer dengan total harga 1juta + ongkir 100rb , aku langsung kirim uang saat itu juga , dan dia bilang akan cek dulu. Seharusnya kalau memang sudah cek, kasih kabar lagi kalau memang uang sudah masuk, tapi ditunggu sampai hari besoknya tidak ada kabar. Setelah aku tanya lagi, kapan dikirim? Dia bilang udah dikirim. Giliran diminta no

Cara Membuat Visa F6 Korea

.. Hallo .. Apa kabar ? Pada artikelku kali ini, aku akan membahas tentang Visa F6 Korea. Pasti ada yang bertanya-tanya apa itu Visa F6, disini aku akan menjelaskan tentang Visa F6 dan Cara membuat Visa tersebut.  Visa F6   adalah Visa yang diperuntukkan Warga Negara Indonesia yang telah menikah dengan Warga Negara Korea. Tidak hanya Warga Negara Indonesia, tetapi juga untuk Warga Negara Asing lainnya yang telah menikah dengan Warga Negara Korea. Berbeda dengan Visa Wisata, Dokumen untuk membuat Visa F6 lebih banyak diperlukan.  Dokumen Visa F6 Dokumen yang diperlukan untuk membuat Visa F6  Korea yaitu : Paspor Asli dan Fotocopy (Halaman Identitas dan Visa atau Cap Negara yang telah dikunjungi) Formulir Aplikasi Visa (Dengan Foto yang telah ditempel pada Kolom Foto)  Surat Undangan dari Suami atau Istri WN Korea (Unduh Dokumen) Surat Jaminan (Unduh Dokumen) Surat Keterangan Kesehatan Suami/Istri (Unduh Dokumen) Certificate Of Health (TB) Surat Alasan Meng