Yang Harus Dilakukan Setelah Sampai di Korea (Pemegang Visa F6) #PART1   Skip to main content

Snack Anak Diatas 6 Bulan (Muffin Apel)

Hai .. Hai Kali ini aku mau kasih ide snack anak diatas 6 bulan, gampang banget bikinnya cukup perlu 5 bahan saja. Nama snacknya Muffin Apel, dijamin sehat dan bergizi. Bahan : 1. Apel (50 Gram) 2. Outmeal (30 Gram) 3. Telur (1 Butir) 4. Cranberry / Blueberry 5. Selai Kacang Cara Membuat : Tuang 50 Gram Apel Kedalam Wadah Tuang Juga 30 Gram Outmeal Masukkan 1 Butir Telur Blender Semua Bahan Yang Sudah Dimasukkan Siapkan 2 Cetakan Cupcake  Masukkan Adonan Yang Sudah Di Blender Tabur Secukupnya Cranberry / Blueberry  Kedua anakku suka sekali dengan Muffin Apel ini. Rasanya enak, bertekstur empuk dan lembut. Selamat Mencoba ^^ 👇🏻👇🏻👇🏻 Selai Kacang Aku Pakai Ini, Terbuat darı Kacang Panggang Organik. Dan Dibuat Secara Alami Tanpa Bahan Pengawet. Jadi Aman di Konsumsi Anak.  SELAI KACANG BELI DISINI 🛒🛒🛒 Dry Cranberry yang Aku Pakai Rasanya Manis Dan Asamnya Alami. Jadi Pas Banget Dibuat Topping Muffin Apelnya. Aku Gatau Ya Kalau Pakai Cranberry Merk Lain. Rasanya Bakal Sama Apa Engg

Yang Harus Dilakukan Setelah Sampai di Korea (Pemegang Visa F6) #PART1

Hai ... Annyeong ...

Sebelumnya aku sudah menjelaskan tentang Visa F6 dan cara membuat Visa tersebut. Sesudah mendapatkan Visa F6 dari Kedutaan Besar Korea Selatan dan sampai di Korea, jangan kira semuanya sudah selesai. Pemegang Visa F6 masih harus melakukan beberapa proses, yaitu mendaftar dan membuat Alien Registration Card. Karena Visa F6 berlaku 90 hari sejak pertama kali masuk ke Korea. Apabila pendaftaran tidak dilakukan dalam masa 90 hari, maka akan dikenakan denda akibat pelanggaran undang-undang imigrasi.


Alien Registration Card adalah Kartu Identitas untuk membuktikan identitas kita di Korea, atau lebih mudahnya Alien Card adalah KTP Orang Asing. Orang asing yang telah mempunyai Alien Card dapat keluar masuk Korea tanpa izin tertentu. Kita juga dapat membuat rekening bank dan mengikuti berbagai Asuransi di Korea. Biasanya Alien Card berlaku selama 1 Tahun, jadi kita harus perpanjang lagi 2 bulan sebelum atau sampai hari terakhir masa berlaku izin tinggal berakhir. Apabila perpanjangan masa tinggal dilakukan melewati tanggal berlaku, akan dikenakan denda. 

Tapi saat ini ada program yang bisa membuat Alien Card berlaku selama 2 Tahun. Yaitu dengan cara mengikuti 조기적응프로그램 (Jogijogeng Program). Dengan begini kita tidak perlu bolak-balik memperpanjang masa tinggal selama 1 Tahun. Kita lebih bisa menghemat waktu untuk bolak-balik dan yang jelas menghemat biaya. 


Seperti halnya aku, suami ingin Alien Card aku nantinya berlaku selama 2 Tahun, jadi kita mengikuti 조기적응프로그램 (Jogijogeng Program) sebelum datang ke Imigrasi untuk membuat Alien Card. Jadi langkah pertama yang kita lakukan setelah sampai di Bandara Inchoen di Seoul, karena rumah kita di Busan. Kita naik Bus menempuh perjalanan kurang lebih 5 jam. Selama perjalanan, suami mendaftarkan diri untuk mengikuti 조기적응프로그램 (Jogijogeng Program). 



Caranya, buka website www.socinet.go.kr dan kalian akan dibawa ke halaman seperti diatas. Setelah itu klik 화원가입 (Join Membership).


Setelah kita klik 화원가입 (Join Membership), kita akan melihat tulisan sebanyak itu. Cukup berikan centang di setiap kolom yang perlu dicentang, dan klik pada tulisan yang aku lingkari. 


Lalu isi ID, Password yang kalian inginkan dan yang lainnya, termasuk isikan juga nomor telefon korea yang bisa dihubungi. Setelah semua sudah terisi dan dirasa sudah benar, klik pada kolom hijau yang aku lingkari. Dengan begitu secara otomatis kita sudah 화원가입 (Join Membership).



Setelah kita menjadi membership, kita bisa mendaftar di semua program yang ada, termasuk 조기적응프로그램 (Jogijogeng Program). Cara mendaftar, klik pada kolom kotak yang aku lingkari, disitu kita akan diminta untuk masukkan ID dan Password, masukkanlah ID dan Password yang kalian buat sendiri tadi sewaktu Join Membership. Pilih tanggal yang kalian bisa untuk mengikuti Program ini. Kalau aku sendiri pilih tanggal 25 Maret kemarin.


Setelah tanggal 25 Maret datang, aku pergi ke Damunhwa dimana program itu dilaksanakan dengan membawa passport, foto dan bukti sudah mendaftar yang aku print sendiri.




Disinilah kelas untuk 조기적응프로그램 (Jogijogeng Program). Tidak hanya aku yang ikut program ini, tapi ada banyak orang lain dari berbagai negara. Kita semua diwajibkan datang suami istri. 




Sebelum program dimulai, aku diberi buku bertuliskan Bahasa Korea dan Bahasa Indonesia. Untuk orang Thailand juga diberi buku yang sama, hanya saja dengan Bahasa Korea dan Bahasa Thailand. Jadi buku tersebut, ada terjemahan sesuai dengan Negara Asal Calon Pemilik Buku itu. Buku ini menurut aku sangat bagus dan membantu sekali untuk aku yang baru pertama kali akan hidup di Korea.

Pada sesi pertama program ini, kita dijelaskan mengenai isi buku tersebut, walaupun penjelasan menggunakan Bahasa Korea, tetapi kita disediakan penerjemah khusus untuk negara masing-masing. Jadi tidak hanya satu penerjemah, tapi ada beberapa penerjemah yang duduk disamping kita.


Sesi Kedua Program, suami dan istri dibagikan lembaran soal untuk dijawab, pertanyaannya mengenai diri kita sendiri, jadi tidak sulit. Contohnya warna kesukaan, film kesukaan dan lain-lain. Selanjutnya kertas tersebut ditukar dengan pasangan. Tujuannya supaya kita lebih saling mengenal satu sama lain.


Setelah itu program selesai dan hanya berlangsung selama 3 jam. Kita akan diberi selembaran kertas yang membuktikan kita sudah mengikuti program tersebut. Kertas itu bisa dibawa kapan kita pergi ke Imigrasi untuk membuat Alien Card. Dengan begitu Alien Card kita akan berlaku selama 2 Tahun. Untuk membuat Alien Card masih ada beberapa dokumen lagi yang harus dibawa selain ini. Jadi tunggu artikel aku part#2 yaa  ..



Comments

  1. Kak mau tanya, itu kalau join di jogijogeng program, make identitas kita atau pasangan koreanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Identitas kita ka, hanya saja untuk nomer telefon saya cantumkan nomor telefon suami karena saya masih belum ada nomor telp korea saat itu. Minta bantu suami saja pasti ngerti kok ka.

      Delete
  2. Setiap mengikuti jogijoegeng program hrs bersama suami kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ka, wajib datang dengan suami. Program ini hanya 1 kali pertemuan dan hanya berlangsung 3 jam.

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. nikah di korea atau indonesia yang dokumennya lebih mudah mba?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Post

Menikah Dengan Orang Korea, Berikut Proses dan Dokumen yang Diperlukan

안녕하세요 Kali ini aku mau share prosesku menikah dengan suami aku (Orang Korea). Aku share berdasarkan pengalaman aku sendiri, walaupun ada kekeliruan proses, tapi bersyukur banget sekarang sudah selesai. Pertama aku hanya ikut suami yang bicara hanya perlu Surat Keterangan Belum Menikah, Kartu Keluarga (Asli) dan Akta Kelahiran (Asli) untuk menikah di Korea. Jadi aku hanya menyiapkan 3 dokumen itu untuk aku bawa ke Korea. Setelah 5 hari di Korea aku dan suami pergi ke Guchong, kalau menurut aku itu semacam Kantor Catatan Sipilnya Korea, untuk Lapor Menikah.  Ini dia 구청 (Guchong) di Busan, Dokumen yang aku bawa seperti yang udah aku sebutin diatas, Kartu Keluarga (ASLI), Akta Kelahiran (ASLI), dan Surat Keterangan Belum Menikah (ASLI), sedangkan untuk suami cukup bawa Identitas Card Nasional. Setelah masuk ke dalam, masuk lurus saja tidak perlu naik eskalator, karena pelayanan pernikahan ada di lantai 1, langsung datang ke meja yang bertuliskan 가족 등록신고 서 (Fo

Preloved_babyku_id Akun Penipu

Hallo, aku mau share pengalaman tidak menyenangkanku tertipu onlineshop @preloved_babyku_id. Seumur hidup baru kali ini aku kena tipu onlineshop.  Awalnya memang aku sedikit curiga dengan onlineshop di Instagram yang namanya @preloved_babyku_id , karna memang harganya cukup murah dengan foto barang-barang preloved yang masih bagus dan bermerk. Selain itu, aku heran barang yang udah lama diupload tapi kok masih ready aja, padahal kalau dilihat ada yang comment dan seperti nya berminat beli, aneh sih. Tapi aku gamau negatif thinking karna disitu ada bukti transfer dan followers juga banyak, jadi aku coba buat percaya aja.  Akhirnya akupun beli car seat dan bouncer dengan total harga 1juta + ongkir 100rb , aku langsung kirim uang saat itu juga , dan dia bilang akan cek dulu. Seharusnya kalau memang sudah cek, kasih kabar lagi kalau memang uang sudah masuk, tapi ditunggu sampai hari besoknya tidak ada kabar. Setelah aku tanya lagi, kapan dikirim? Dia bilang udah dikirim. Giliran diminta no

Membuat Alien Registration Card (외국인등록증)

Annyeong ... Kali ini aku mau share informasi penting untuk kalian yang akan menikah atau telah menikah dengan orang Korea dan berencana untuk tinggal di Korea. Tepat di tanggal 16 april kemarin, aku ditemani suami pergi ke  출입국 종합 민원센터 (Pusat Urusan Umum Imigrasi) untuk membuat Alien Registration Card (외국인등록증) .  Sebelum datang ke 출입국 종합 민원센터 (Pusat Urusan Umum Imigrasi), jauh-jauh hari aku sudah membuat Reservasi. Semua tentang Alien Card dan Cara Reservasi sudah aku jelaskan di artikel aku sebelumnya di #part1 dan #part2 , jadi jika kalian masih belum baca, silahkan baca terlebih dahulu ya, karena aku tulis prosesnya berurutan dari #part1 #part2 sampai dengan sekarang. Seperti yang aku sudah katakan berkali-kali, untuk membuat Alien Card diperlukan beberapa dokumen yang harus disiapkan yaitu : 1. Passport dan Foto Copy Passpor Foto Copy lembar bagian depan / identitas dan lembar bagian Visa F6 2. 통합신청서 (신고서) dan Foto 통합신청서 (신고서) adalah

Cara Membuat Visa F6 Korea

.. Hallo .. Apa kabar ? Pada artikelku kali ini, aku akan membahas tentang Visa F6 Korea. Pasti ada yang bertanya-tanya apa itu Visa F6, disini aku akan menjelaskan tentang Visa F6 dan Cara membuat Visa tersebut.  Visa F6   adalah Visa yang diperuntukkan Warga Negara Indonesia yang telah menikah dengan Warga Negara Korea. Tidak hanya Warga Negara Indonesia, tetapi juga untuk Warga Negara Asing lainnya yang telah menikah dengan Warga Negara Korea. Berbeda dengan Visa Wisata, Dokumen untuk membuat Visa F6 lebih banyak diperlukan.  Dokumen Visa F6 Dokumen yang diperlukan untuk membuat Visa F6  Korea yaitu : Paspor Asli dan Fotocopy (Halaman Identitas dan Visa atau Cap Negara yang telah dikunjungi) Formulir Aplikasi Visa (Dengan Foto yang telah ditempel pada Kolom Foto)  Surat Undangan dari Suami atau Istri WN Korea (Unduh Dokumen) Surat Jaminan (Unduh Dokumen) Surat Keterangan Kesehatan Suami/Istri (Unduh Dokumen) Certificate Of Health (TB) Surat Alasan Meng