Jjimjilbang (찜질방) Jeju Island (South Korea)   Skip to main content

Snack Anak Diatas 6 Bulan (Muffin Apel)

Hai .. Hai Kali ini aku mau kasih ide snack anak diatas 6 bulan, gampang banget bikinnya cukup perlu 5 bahan saja. Nama snacknya Muffin Apel, dijamin sehat dan bergizi. Bahan : 1. Apel (50 Gram) 2. Outmeal (30 Gram) 3. Telur (1 Butir) 4. Cranberry / Blueberry 5. Selai Kacang Cara Membuat : Tuang 50 Gram Apel Kedalam Wadah Tuang Juga 30 Gram Outmeal Masukkan 1 Butir Telur Blender Semua Bahan Yang Sudah Dimasukkan Siapkan 2 Cetakan Cupcake  Masukkan Adonan Yang Sudah Di Blender Tabur Secukupnya Cranberry / Blueberry  Kedua anakku suka sekali dengan Muffin Apel ini. Rasanya enak, bertekstur empuk dan lembut. Selamat Mencoba ^^ 👇🏻👇🏻👇🏻 Selai Kacang Aku Pakai Ini, Terbuat darı Kacang Panggang Organik. Dan Dibuat Secara Alami Tanpa Bahan Pengawet. Jadi Aman di Konsumsi Anak.  SELAI KACANG BELI DISINI 🛒🛒🛒 Dry Cranberry yang Aku Pakai Rasanya Manis Dan Asamnya Alami. Jadi Pas Banget Dibuat Topping Muffin Apelnya. Aku Gatau Ya Kalau Pakai Cranberry Merk Lain. Rasanya Bakal Sama Apa Engg

Jjimjilbang (찜질방) Jeju Island (South Korea)

Hai .. Hai ...
Hari ke Enam ku di Jeju, pagi-pagi hari aku check out dari Tong Hotel Jeju. Selanjutnya aku naik bus ke suatu tempat, dimana di situ aku bisa sauna sekaligus bermalam selama aku nggak punya tempat tinggal. Eh, ngomong-ngomong udah kaya gembel aja yah, gapunya tempat tinggal .. ahaha


Nah, aku pergi ke sini nih, orang korea biasa manggilnya Jjimmjilbang (찜질방), dari depan tampak seperti itu. Keliatan serem ga sih kaya goa, tapi kalau udah masuk sebenernya terang kok. Oh iya alamatnya ada di 914 Beophwan-dong, Seogwipo, Jeju-do, South Korea


Setelah masuk ke mulut Paus tadi, di sisi sebelah kanan, aku jumpai reception. Kalau udah mulai masuk kesini alas kaki nya mulai dilepas yah ...


Ini dia meja receptionnya, sebelum masuk aku urus dulu administrasi yang harus dilunasi. Setelah semuanya clear, aku dikasih handuk, kunci loker yang bentuknya kaya jam, dan baju khusus  yang harus dipake selama ada di Jjimjilbang ini. Baju buat laki-laki dan wanita disini dibedakan, laki-laki warnanya biru, wanita warnanya pink


Harganya seperti tertera diatas, Sauna 7.000 won untuk dewasa, 6.000 won untuk anak. Tapi harga di tanggal 19 Juli - 25 Agustus biasanya tambah 5.000 won karena peak season. Sedangkan untuk harga Water Park, untuk Umum 21.000 won dan orang-orang jeju harganya 19.000 won


Setelah selesai berurusan dengan receptionist, aku masuk dan naruh sepatu aku di loker sesuai dengan nomer kunci yang sudah dikasih sama receptionistnya tadi


Sepatu beres aku taruh di loker sepatu, aku masuk ke ruangan lebih dalam, dan ketemu lagi loker. Aku menemukan loker lagi yang lebih besar, aku gunakan buat naruh baju, tas, dan barang yang lain. Jujur yah, aku pertama kali masuk ke tempat kaya beginian, jadi aku bingung aku harus gimana, ditambah lagi aku bingung, kenapa orang-orang smuanya telanjang dan berjalan dengan santainya. Semua orang ganti baju di depan loker masing masing, aku mikir dong, masak iya aku harus ganti baju di depan loker aku juga ? Ya walaupun semua wanita, tapi geli ga sih ... hahahh




Sebelum aku lepas baju aku, aku intip dulu kaya gimana model kamar mandi nya. Dan ternyata semua terbuka, ada yang berendam, mandi pake shower sambil duduk, bahkan ada juga yang berdiri. Aku masih mikir-mikir, mandi ga yaa ? mandi ga yaa ? Akhirnya aku memutuskan untuk tidak mandi dan hanya ganti baju yang diberikan receptionistnya tadi, itupun nunggu dekat loker aku sepi ga ada orang. Kampung ga sih ? Hahaha


Dan ini tempat biasanya digunakan untuk dandan, karena banyak kaca disitu dan sudah disediakan banyak sisir dan hairdyer. Tapi untuk gunain hairdyer nya harus masukkin koin dulu baru bisa dipakai, kalau ga dimasukin koin gabakal nyala tuh hairdyer, jadi kalau udah tau gapunya koin mending ga usah make hairdyer deh, dari pada di ketawain ntar , haha .. 


Setelah aku ganti baju, aku dari loker naik ke ruangan ini. Ini adalah ruangan dimana laki-laki dan wanita dipertemukan setelah berada di loker masing-masing. Jelas lah ya loker masing-masing, kalau lokernya barengan, bisa gatau tuh jadinya kaya apah ... ahahaha Jadi kalau loker cewek turun tangga yang sebelah kanan, kalau ke loker cowok turun tangga nya sebelah kiri, aku hafalin trus tuh, gamau kalau sampe salah masuk loker , bisa bisa aku dikroyok, hahaha ... Aku nunggu orang korea yang aku kenal, biasanya aku manggilnya oppa. Dia lama banget ga naik naik, ya jelas lah lama, dia mandi, sedangkan aku engga , dia mah pasti udah biasa dengan hal itu, lah aku ... ahahha ... Setelah sekian lama nunggu, akhirnya dia naik, aku ditanya sama dia ..

Oppa : Sudah mandi ?
Aku   : Belum
Oppa : Kenapa belum ?
Aku  : Malu, kenapa semua orang mandi seperti itu ?
Oppa : Tidak apa apa, semua wanita
Aku   : Ya, tetapi tetap malu
Oppa : Ayoo ....!!! Mandi ..... !!!

Hmmm, begitulah sedikit percakapanku dengan si dia, dengan sangat .. sangat .. sangat terpaksa, aku pun balik ke loker lagi untuk mandi. Bener bener hati rasanya campur aduk ga karuan, malu, bingung campur jadi satu. Okelah aku mulai coba cuek, telanjang dan berjalan santai biar sama kaya mereka-mereka, dan ternyata ga ada yang peduli kok sama aku, mereka semua sibuk bersihin badan mereka masing-masing. Aku nya aja yang ke PEDE an bakal diliatin banyak orang, ternyata biasa aja kok .. Dan akupun mulai terbiasa dengan itu .. Yay ... Berhasil ... 


Seusai mandi, aku kembali naik keatas lagi. Aku ambil tikar dan bantal, langsung deh tiduran di depan TV. Disitu semua orang nonton TV bareng bareng, disitu juga orang orang tidur. 



Sudah puas istirahat, aku penasaran sama fasilitas apa aja yang ada di Jjimjilbang ini, aku jalan-jalan ternyata di Jjimjilbang ini ada juga mainan anak-anak, mungkin bagi yang punya anak, anaknya seneng tuh di ajak kesini .. Mama papa nya sauna, anak nya maenan sendiri, wah serasa bulan madu yah mama papanya... Hahha


Mainan anak, udah. Sekarang aku mau masuk ke dalam gapura itu. Ternyata gapura itu di dalamnya ada tempat-tempat buat sauna dan juga kamar kapsul. Orang-orang bebas tidur dimana, tinggal pilih ajah, di dalam ruangan itu juga ada TV nya, jadi ada 2 ruangan yang bisa digunakan buat nonton TV



Ini dia salah satu tempat untuk sauna, tampak dari luar dan dari dalem, pasir dan batu batuan itu semua panas, tapi ko pada betah ya, waktu itu aku cuman coba 15 menit saja di dalam situ, soalnya aku gabetah panas, hhehe



Ini dia ruangan sauna juga, kalau yang pertama tadi kotak, kalau yang ini bulet bulet. Tampak juga dari luar dan dalam, disini aku juga coba masuk 15 menit


Nah, ini yang aku maksud kamar kapsul tadi. Bentuk kamar nya kaya begini, unik pengen tidur disini tapi takut, soalnya waktu itu ga ada yang tidur disini, padahal aku nyoba bentar aja enak loh, nyaman .. Tapi gatau deh kenapa ga ada yang tidur disini, huft 



Karena tadi udah sauna, walaupun cuman beberapa menit, tetep dong aku haus. Aku kegoda sama penjual makanan ringan yang ada di samping gapura tadi. Waktu itu aku beli telur dan air beras yang udah di fermentasi. Ini merupakan ciri khas di Jjimjilbang. Hampir semua orang kalau ke Jjimjilbang beli telur dan juga air beras. Walau pun kedengarannya aneh, air beras ko diminum, tapi itu enak banget kok, rasanya manis, asam asam gimana gitu, bikin ketagihan ... Karena sauna pastinya aku keringetan, jadi aku harus mandi lagi. Giliran akunya udah biasa mandi model begitu, malah bawaannya pengen mandi terus nih aku, ahahah ... Selesai mandi aku balik keatas, lanjut liat-liat lagi apa aja yang ada di Jjimjilbang ini, karena yya tadi belum kelar. 




Wow, ternyata ada disini nih yang namanya water park, untuk harga udah aku katakan di awal tadi yah, disini aku ga kesitu sih, karena aku juga ga terlalu suka maen air, jadi cukup ngeliatin aja anak anak maen air sama ngeliatin air yang tumpah dari ember aja itu udah seneng banget 😅


Didalam sini tepatnya di sebelah mainan anak tadi, ada restorant juga, jadi kalau laper tinggal kesitu, selain di situ, ada juga restorant letak nya di samping pintu masuk pertama tadi (pintu masuk mulut paus), dulu si aku beli nya di resto yang deket mulut paus, soalnya stiap aku laper, pasti restoran yang atas itu tutup


Nah ini dia makanan yang aku beli di restoran bawah (samping pintu masuk mulut paus). Aku cuman ngemil ayam, tanpa nasi, dan itu udah kenyang banget. Putih-putih kotak itu bukan timun ya, tapi apa yaa .. Aku juga gatau namanya , hehhe tapi rasanya asem-asem manis gimana gitu sih, cocok kalau digabungin sama makan ayam .. 



Ya begini lah suasanya di Jjimjilbang, banyak orang-orang entah itu keluarga, pasangan anak muda, kakek nenek, lengkap disini. Aktifitasnya sendiri ada yang lagi makan, ada yang tiduran nonton TV, ya macem-macem deh ... 



Kalau yang ini tempat tidur juga, menurutku banyak yang tidur disini dari pada kamar kapsul, padahal kalau menurut aku kamar kapsul lebih nyaman, tapi yaudah sih suka suka mereka , haha
Malam aku tidur di sini, awalnya sih sunyi hanya ada beberapa orang, eh semakin malam, banyak orang yang tidur disini, bahkan semakin malam suara dengkur pun bermunculan, aku ga bisa tidur dong ya, udah kasurnya ga ada busanya, bantal juga kecil , haddeh ... aku pindah tempat yang menurutku ga ada suara dengkur


Dan akhirnya aku nemu tempat yang ga banyak orang dengkur, aku tidur di situ, tapi gatau kenapa disitu pun ga bisa tidur


Pindah tempat lagi dong aku, sama bawa tikar bantal, aku pindah di depan TV yang pertama kali aku pake istirahat pertama kali datang, untung aja masih ada tempat, dan ditempat yang terakhir ini akhirnya aku bisa tidur nyenyak sampe pagi. Setelah pagi datang, aku ke loker buat mandi, ganti baju, baju yang dipinjamkan dari sini aku taruh di kotak dekat loker baju yang emang buat naruh baju kotor, setelah itu aku ke loker sepatu buat ambil sepatu, datang lagi ke reception buat ngembaliin kunci dan ambil koper aku yang aku titipin di receptionist. Sekiranya udah ga ada barang aku yang ketinggalan, langsung deh aku cabut dari sini. Jadi aku cuman semalem di Jjimjilbang, dan itu menurut aku udah cukup koo buat nikmatin fasilitas yang ada .. Sekian yak, cerita aku , Byeee ... Byeee ....

Comments

Popular Post

Menikah Dengan Orang Korea, Berikut Proses dan Dokumen yang Diperlukan

안녕하세요 Kali ini aku mau share prosesku menikah dengan suami aku (Orang Korea). Aku share berdasarkan pengalaman aku sendiri, walaupun ada kekeliruan proses, tapi bersyukur banget sekarang sudah selesai. Pertama aku hanya ikut suami yang bicara hanya perlu Surat Keterangan Belum Menikah, Kartu Keluarga (Asli) dan Akta Kelahiran (Asli) untuk menikah di Korea. Jadi aku hanya menyiapkan 3 dokumen itu untuk aku bawa ke Korea. Setelah 5 hari di Korea aku dan suami pergi ke Guchong, kalau menurut aku itu semacam Kantor Catatan Sipilnya Korea, untuk Lapor Menikah.  Ini dia 구청 (Guchong) di Busan, Dokumen yang aku bawa seperti yang udah aku sebutin diatas, Kartu Keluarga (ASLI), Akta Kelahiran (ASLI), dan Surat Keterangan Belum Menikah (ASLI), sedangkan untuk suami cukup bawa Identitas Card Nasional. Setelah masuk ke dalam, masuk lurus saja tidak perlu naik eskalator, karena pelayanan pernikahan ada di lantai 1, langsung datang ke meja yang bertuliskan 가족 등록신고 서 (Fo

Preloved_babyku_id Akun Penipu

Hallo, aku mau share pengalaman tidak menyenangkanku tertipu onlineshop @preloved_babyku_id. Seumur hidup baru kali ini aku kena tipu onlineshop.  Awalnya memang aku sedikit curiga dengan onlineshop di Instagram yang namanya @preloved_babyku_id , karna memang harganya cukup murah dengan foto barang-barang preloved yang masih bagus dan bermerk. Selain itu, aku heran barang yang udah lama diupload tapi kok masih ready aja, padahal kalau dilihat ada yang comment dan seperti nya berminat beli, aneh sih. Tapi aku gamau negatif thinking karna disitu ada bukti transfer dan followers juga banyak, jadi aku coba buat percaya aja.  Akhirnya akupun beli car seat dan bouncer dengan total harga 1juta + ongkir 100rb , aku langsung kirim uang saat itu juga , dan dia bilang akan cek dulu. Seharusnya kalau memang sudah cek, kasih kabar lagi kalau memang uang sudah masuk, tapi ditunggu sampai hari besoknya tidak ada kabar. Setelah aku tanya lagi, kapan dikirim? Dia bilang udah dikirim. Giliran diminta no

Membuat Alien Registration Card (외국인등록증)

Annyeong ... Kali ini aku mau share informasi penting untuk kalian yang akan menikah atau telah menikah dengan orang Korea dan berencana untuk tinggal di Korea. Tepat di tanggal 16 april kemarin, aku ditemani suami pergi ke  출입국 종합 민원센터 (Pusat Urusan Umum Imigrasi) untuk membuat Alien Registration Card (외국인등록증) .  Sebelum datang ke 출입국 종합 민원센터 (Pusat Urusan Umum Imigrasi), jauh-jauh hari aku sudah membuat Reservasi. Semua tentang Alien Card dan Cara Reservasi sudah aku jelaskan di artikel aku sebelumnya di #part1 dan #part2 , jadi jika kalian masih belum baca, silahkan baca terlebih dahulu ya, karena aku tulis prosesnya berurutan dari #part1 #part2 sampai dengan sekarang. Seperti yang aku sudah katakan berkali-kali, untuk membuat Alien Card diperlukan beberapa dokumen yang harus disiapkan yaitu : 1. Passport dan Foto Copy Passpor Foto Copy lembar bagian depan / identitas dan lembar bagian Visa F6 2. 통합신청서 (신고서) dan Foto 통합신청서 (신고서) adalah

Cara Membuat Visa F6 Korea

.. Hallo .. Apa kabar ? Pada artikelku kali ini, aku akan membahas tentang Visa F6 Korea. Pasti ada yang bertanya-tanya apa itu Visa F6, disini aku akan menjelaskan tentang Visa F6 dan Cara membuat Visa tersebut.  Visa F6   adalah Visa yang diperuntukkan Warga Negara Indonesia yang telah menikah dengan Warga Negara Korea. Tidak hanya Warga Negara Indonesia, tetapi juga untuk Warga Negara Asing lainnya yang telah menikah dengan Warga Negara Korea. Berbeda dengan Visa Wisata, Dokumen untuk membuat Visa F6 lebih banyak diperlukan.  Dokumen Visa F6 Dokumen yang diperlukan untuk membuat Visa F6  Korea yaitu : Paspor Asli dan Fotocopy (Halaman Identitas dan Visa atau Cap Negara yang telah dikunjungi) Formulir Aplikasi Visa (Dengan Foto yang telah ditempel pada Kolom Foto)  Surat Undangan dari Suami atau Istri WN Korea (Unduh Dokumen) Surat Jaminan (Unduh Dokumen) Surat Keterangan Kesehatan Suami/Istri (Unduh Dokumen) Certificate Of Health (TB) Surat Alasan Meng