Rumah Sakit Tempatku Melahirkan Di Busan, Korea Selatan (위대한탄생 여성병원·산후조리원)   Skip to main content

Snack Anak Diatas 6 Bulan (Muffin Apel)

Hai .. Hai Kali ini aku mau kasih ide snack anak diatas 6 bulan, gampang banget bikinnya cukup perlu 5 bahan saja. Nama snacknya Muffin Apel, dijamin sehat dan bergizi. Bahan : 1. Apel (50 Gram) 2. Outmeal (30 Gram) 3. Telur (1 Butir) 4. Cranberry / Blueberry 5. Selai Kacang Cara Membuat : Tuang 50 Gram Apel Kedalam Wadah Tuang Juga 30 Gram Outmeal Masukkan 1 Butir Telur Blender Semua Bahan Yang Sudah Dimasukkan Siapkan 2 Cetakan Cupcake  Masukkan Adonan Yang Sudah Di Blender Tabur Secukupnya Cranberry / Blueberry  Kedua anakku suka sekali dengan Muffin Apel ini. Rasanya enak, bertekstur empuk dan lembut. Selamat Mencoba ^^ 👇🏻👇🏻👇🏻 Selai Kacang Aku Pakai Ini, Terbuat darı Kacang Panggang Organik. Dan Dibuat Secara Alami Tanpa Bahan Pengawet. Jadi Aman di Konsumsi Anak.  SELAI KACANG BELI DISINI 🛒🛒🛒 Dry Cranberry yang Aku Pakai Rasanya Manis Dan Asamnya Alami. Jadi Pas Banget Dibuat Topping Muffin Apelnya. Aku Gatau Ya Kalau Pakai Cranberry Merk Lain. Rasanya Bakal Sama Apa Engg

Rumah Sakit Tempatku Melahirkan Di Busan, Korea Selatan (위대한탄생 여성병원·산후조리원)

Hallo Apa Kabar Semua ?

Kali ini aku mau share Rumah Sakit tempatku melahirkan anak pertamaku di Busan, Korea Selatan. Dari hamil, melahirkan, sampai dengan anak aku sudah lahir, Rumah Sakit ini yang aku datangi untuk imunisasi. Nama rumah sakit ini Great Birth Women's Hospital (위대한탄생 여성병원·산후조리원) yang berlokasi di Yeonsan 5(o)-dong, Busan.


Pada tanggal 11 Januari jadwal kontrol kehamilanku yang menginjak usia 37 minggu lebih 6 hari. Tak terduga dokter berkata aku sudah pembukaan 1 dan harus dirawat di Rumah Sakit. Akhirnya saat itu juga aku mulai dirawat di Rumah Sakit, dan kamar dibawah inilah tempatku di rawat sebelum anakku lahir. Aku diberi suntikan di bagian anus untuk merangsang buang air besar. Aku juga diberi suntikan di tulang belakang untuk merangsang kontraksi. Setelah itulah kontraksi kontraksi palsu muncul, aku berharap dimalam hari baby keluar, tapi sampai dengan malam hari, aku masih pembukaan 2, jadi menutup kemungkinan baby aku lahir malam itu. Padahal sudah sakit sekali dan tidak bisa tidur. Tanggal 12 Januari aku merasakan kontraksi palsu yang lebih sering dan puncak kesakitanku jam 11 malam, akhirnya aku memutuskan suntik injeksi untuk menghilangkan sakit, karena sudah tidak tahan lagi menahan sakit berjam jam dan tidak bisa tidur sama sekali. Walaupun suntik bertahan hanya 3 jam, akhirnya aku bisa tidur. Tepat jam 1 pagi, air ketubanku pecah. Setelah itu suster mempersiapkan semua untuk proses melahirkanku. Akhirnya tanggal 13 Januari jam 02:39 anakku lahir normal dengan berat badan 2,95 kg. 





Setelah babyku lahir, aku istirahat dan tertidur sampai jam 6 pagi. Aku dipindahkan dikamar rawat inap. Kamar inap yang pertama kali aku pakai kamar yang satu ruangan dipakai untuk 4 orang. Menurutku cukup bagus, bersih, ditambah suster-susternya yang ramah dan baik, hanya saja di dalam ruangan itu ada salah satu suami pasien lain yang mendengkur sangat keras, jadi hanya itu saja yang membuat aku kurang nyaman. Aku dirawat dikamar itu dari hari senin sampai hari rabu dan kondisi aku dihari itu sudah membaik, jadi aku pindah di 산후조리원 (Sanhujoriwon) yang sudah aku reservasi beberapa bulan yang lalu. Tapi karena kamar di 산후조리원 (Sanhujoriwon) saat itu penuh dan tanggal reservasi aku bukan ditanggal itu, jadi sementara aku dipindahkan dikamar lain. Seperti foto dibawah inilah kamar yang aku pakai selama 산후조리원 (Sanhujoriwon) penuh. Dari hari rabu sampai hari sabtu, aku berada di kamar ini. Fasilitas kamar hampir sama dengan 산후조리원 (Sanhujoriwon). Hanya saja aku sedikit kecewa karena sudah membayar penuh, tapi tidak bisa sepenuhnya memakai kamar di 산후조리원 (Sanhujoriwon). Tapi tidak masalah, kecewaku terbayar dengan banyaknya hadiah dan pelayanan bagus yang kudapat.









Setelah 3 hari menempati kamar diatas, akhirnya aku benar-benar dipindahkan di 산후조리원 (Sanhujoriwon) sabtu siang. Oh iya, 산후조리원 (Sanhujoriwon) sendiri adalah Sistem perawatan Korea untuk wanita setelah melahirkan. Orang-orang sering percaya bahwa 산후조리원 (Sanhujoriwon) memiliki dampak besar pada kondisi kesehatan seumur hidup. Aku reservasi selama 1 minggu disini. Biasanya orang-orang tinggal di 산후조리원 (Sanhujoriwon) selama 1 minggu bahkan 2 minggu.








Selama tinggal di 산후조리원 (Sanhujoriwon) aku mengikuti program yang disediakan khusus untuk pasien Sanhujoriwon. Salah satu program itu adalah Belajar cara memandikan baby, belajar memijat payudara supaya ASI keluar dan payudara tidak sakit, yoga dan belajar cara menyusui. Setelah melahirkan ASI aku masih belum keluar, jadi setelah 3 hari melahirkan aku mendapat pijat kaki dan payudara gratis, tapi untuk pasien diluar Sanhujoriwon apabila ingin mendapatkan layanan pijat ini akan dikenakan biaya. 


Selama tinggal di 산후조리원 (Sanhujoriwon) aku dapat 3 kali makan besar dan 2 kali makanan ringan. Makan pagi jam 7.30, makan siang jam 12.00, makanan ringan jam 3 sore, makan malam jam 17.00, dan makanan ringan lagi jam 7 malam. Jadi selama aku tinggal disini ga ada yang namanya kelaparan. Makanannya juga beraneka ragam dan setiap hari ganti. Hanya saja untuk sup selalu sama yaitu sup rumput laut atau orang korea menyebutnya 미역국 (miyeoggug). Semua wanita korea setelah melahirkan memakan sup rumput laut, karena dipercaya membuat wanita tersebut pulih cepat. Selain itu, 미역국 (miyeoggug) juga bermanfaat memperbanyak ASI yang berkualitas untuk baby. Sampai saat inipun dirumah, ibu mertua aku selalu memasak 미역국 (miyeoggug) untukku.













Disini tempat yang biasanya dipakai untuk para pasien Sanhujoriwon untuk mencuci botol susu atau yang lainnya. Terdapat juga microwave apabila ingin memanaskan makanan. Dan disini terdapat rak yang digunakan  untuk  meletakkan piring kotor setelah makan.



Di Sanhujoriwon terdapat mesin untuk mensterilkan botol susu yang telah dicuci. Cukup hanya tekan tombol auto, mesin ini akan bekerja secara otomatis. Selain itu, dikamar ini juga terdapat alat untuk pompa ASI, hanya saja untuk corong pompa ASI harus beli seharga 14.000won. Petunjuk cara pemakaian terdapat di buku yang ada diatas meja.



Disini adalah Ruangan tempat aku belajar bagaimana posisi dan cara menyusui yang benar. Diruang ini juga para ibu menyusui anaknya masing-masing, pada 3 jam sekali perawat bayi akan menelefon para ibu dan meminta untuk datang ke ruangan ini untuk menyusui baby. Karena memang baby ada di ruangan baby sendiri, tidak tinggal satu ruangan dengan ibu selama berada di Rumah Sakit. Pada saat itu hanya ibu yang bisa menyentuh babynya, untuk orang lain apabila ingin melihat baby hanya bisa melihat di jam yang ditentukan, itupun melihat hanya bisa dari luar ruangan.


Dirumah sakit ini terdapat alat seperti dibawah ini. Alat ini namanya 좌욕기 (jwayog), kalau diartikan dalam Bahasa Indonesia artinya"Mandi". Yang dimaksud mandi disini adalah memandikan daerah kemaluan dan anus. Disini disarankan untuk 좌욕기 (jwayog) 1 hari 2 kali di pagi dan malam. Dengan rajin 좌욕기 (jwayog), kemaluan kita yang dijahit akan segera pulih dan kemaluan akan rapat kembali (kata dokter aku). Apabila dirumah tidak ada alat ini, kita bisa melakukannya dengan mengarahkan shower ke bagian kemaluan atau merendam bagian kemaluan dengan air hangat selama kurang lebih 10 menit.



Di kamar 산후조리원 (Sanhujoriwon) disediakan tas seperti dibawah ini. Ini digunakan apabila ada handuk atau pakaian kotor yang ingin dicuci. Pakaian kotor yang ingin dicuci tinggal dimasukkan kedalam tas itu dan memasukkan kedalam tong khusus pakaian kotor yang telah disediakan. Apabila sudah dicuci, tas itu akan digantung dipintu depan kamar kita. 



Karena aku tinggal di 산후조리원 (Sanhujoriwon), aku mendapatkan banyak hadiah dari Rumah Sakit seperti dibawah ini. Semua hadiah sangat bermanfaat sekali, apalagi bantal besar yang bisa dipakai anak aku tidur, kebetulan aku memang belum punya.





Dan masih ada fasilitas lain seperti dibawah ini, pasien Sanhujoriwon atau bahkan suami pasien bisa dengan bebas menggunakan mesin pijat yang telah disediakan. Kita juga tidak akan haus karena telah disediakan dispenser.





Okey, sekarang berbicara mengenai biaya. Biaya Sanhujoriwon di kamar umum (일반실) selama 1 minggu adalah 900.000won sedangkan 2 minggu 1.800.000won. Untuk kamar semi spesial (준특실) 1.050.000won selama 1 minggu dan 2.100.000won selama 2 minggu. Terakhir biaya untuk kamar khusus (특실) 1.150.000won untuk 1 minggu dan 2.300.000won untuk 2 minggu. 


Jadi itulah rumah sakit tempatku melahirkan anak pertamaku di Busan, Korea Selatan. Sampai disini dulu cerita aku kali ini. See You Next Blog . Bye ^^

Comments

Post a Comment

Popular Post

Menikah Dengan Orang Korea, Berikut Proses dan Dokumen yang Diperlukan

안녕하세요 Kali ini aku mau share prosesku menikah dengan suami aku (Orang Korea). Aku share berdasarkan pengalaman aku sendiri, walaupun ada kekeliruan proses, tapi bersyukur banget sekarang sudah selesai. Pertama aku hanya ikut suami yang bicara hanya perlu Surat Keterangan Belum Menikah, Kartu Keluarga (Asli) dan Akta Kelahiran (Asli) untuk menikah di Korea. Jadi aku hanya menyiapkan 3 dokumen itu untuk aku bawa ke Korea. Setelah 5 hari di Korea aku dan suami pergi ke Guchong, kalau menurut aku itu semacam Kantor Catatan Sipilnya Korea, untuk Lapor Menikah.  Ini dia 구청 (Guchong) di Busan, Dokumen yang aku bawa seperti yang udah aku sebutin diatas, Kartu Keluarga (ASLI), Akta Kelahiran (ASLI), dan Surat Keterangan Belum Menikah (ASLI), sedangkan untuk suami cukup bawa Identitas Card Nasional. Setelah masuk ke dalam, masuk lurus saja tidak perlu naik eskalator, karena pelayanan pernikahan ada di lantai 1, langsung datang ke meja yang bertuliskan 가족 등록신고 서 (Fo

Cara Membuat Visa F6 Korea

.. Hallo .. Apa kabar ? Pada artikelku kali ini, aku akan membahas tentang Visa F6 Korea. Pasti ada yang bertanya-tanya apa itu Visa F6, disini aku akan menjelaskan tentang Visa F6 dan Cara membuat Visa tersebut.  Visa F6   adalah Visa yang diperuntukkan Warga Negara Indonesia yang telah menikah dengan Warga Negara Korea. Tidak hanya Warga Negara Indonesia, tetapi juga untuk Warga Negara Asing lainnya yang telah menikah dengan Warga Negara Korea. Berbeda dengan Visa Wisata, Dokumen untuk membuat Visa F6 lebih banyak diperlukan.  Dokumen Visa F6 Dokumen yang diperlukan untuk membuat Visa F6  Korea yaitu : Paspor Asli dan Fotocopy (Halaman Identitas dan Visa atau Cap Negara yang telah dikunjungi) Formulir Aplikasi Visa (Dengan Foto yang telah ditempel pada Kolom Foto)  Surat Undangan dari Suami atau Istri WN Korea (Unduh Dokumen) Surat Jaminan (Unduh Dokumen) Surat Keterangan Kesehatan Suami/Istri (Unduh Dokumen) Certificate Of Health (TB) Surat Alasan Meng

Membuat Alien Registration Card (외국인등록증)

Annyeong ... Kali ini aku mau share informasi penting untuk kalian yang akan menikah atau telah menikah dengan orang Korea dan berencana untuk tinggal di Korea. Tepat di tanggal 16 april kemarin, aku ditemani suami pergi ke  출입국 종합 민원센터 (Pusat Urusan Umum Imigrasi) untuk membuat Alien Registration Card (외국인등록증) .  Sebelum datang ke 출입국 종합 민원센터 (Pusat Urusan Umum Imigrasi), jauh-jauh hari aku sudah membuat Reservasi. Semua tentang Alien Card dan Cara Reservasi sudah aku jelaskan di artikel aku sebelumnya di #part1 dan #part2 , jadi jika kalian masih belum baca, silahkan baca terlebih dahulu ya, karena aku tulis prosesnya berurutan dari #part1 #part2 sampai dengan sekarang. Seperti yang aku sudah katakan berkali-kali, untuk membuat Alien Card diperlukan beberapa dokumen yang harus disiapkan yaitu : 1. Passport dan Foto Copy Passpor Foto Copy lembar bagian depan / identitas dan lembar bagian Visa F6 2. 통합신청서 (신고서) dan Foto 통합신청서 (신고서) adalah

Ciri-Ciri Nature Republic 92% Aloe Vera Asli

Hallooooo Siapa disini yang masih belum tahu bagaimana membedakan Nature Republic Asli dan Palsu ? Sebenarnya sangat mudah apabila kalian sudah ketahui beberapa hal berikut :  Bagian Atas Nature Republic Perbedaan Dari Segi Depan 1. Dari segi warna Nature Republic Asli mempunyai warna hijau yang lebih gelap dibandingkan dengan Nature Republic Palsu. 2. Pastikan semua tercentang. Perbedaan Berdasarkan Logo 3. Logo Nature Republic Asli, huruf Korea ditulis tidak melingkar •캘리포니아신 • 알로에배라 •  Sedangkan pada Nature Republic Palsu penulisan huruf Korea ditulis melingkar.  4. Pastikan di atas tulisan 300 ml / 10.56 fl.oz tidak terdapat garis apapun. Karena Nature Republic yang terdapat garis adalah Nature Republic keluaran lama yang seharusnya tidak keluar lagi. Bagian Bawah Nature Republic Perbedaan Bagian Bawah 1.  Logo terdapat bintik-bintik hitam, dan berbentuk seperti tumbuhan aloevera. 2.  Pastikan nomer barcode sama "8 8061